Thursday 1 January 2015

Fakta menarik film No. 1 sepanjang masa, The Shawshank Redemption


Film tahun 1994 yang bergenre drama-crime ini bercerita tentang 2 orang tahanan penjara Andy Dufresne (Tim Robbins) dan Red (Morgan Freeman) yang menemukan pelipur lara dan usaha penebusan. 

Film dengan rating 9,3/10 di IMDb ini mungkin bukan film favorite kalian. Tapi bisa jadi film No.1 sepanjang masa. Film ini memuncaki daftar 250 film terbaik di situs IMDb.com, rating diperoleh dari 1 juta lebih member yang mendaftar. Tapi, Tahu gak? Film ini tidak memenangkan 1 Oscar pun dari total 7 nominasi yang diperoleh. Masih banyak fakta unik yang mungkin belum kalian ketahui loooh. Let's check it out!!!



1.   Tom Cruise, Charlie Sheen, Tom Hanks, Nicolas Cage, Johny Depp dan Kevin Costner mereka semua pernah dipertimbangkan untuk berperan sebagai Andy Dufresne (peran utama). Peran Andy Dufresne pun akhirnya jatuh ke tangan Tim Robbins, yang kita tahu diperankan dengan sangat memukau.

2.   Peran Andy Dufresne aslinya ditawarkan kepada Tom Hanks. Tapi Hanks tidak bisa menerima karena sedang terlibat di film Forest Gump. Sedangkan Kevin Costner suka banget sama naskahnya tapi sedang terlibat di film lain, Waterworld.  Kabarnya Costner nyesel banget pernah menolak peran itu.

3.   Stephen King, penulis buku The Shawshank Redemption. Menjual hak buku untuk film ini dengan sangat murah, hanya $1.000. Alasannya dia sudah berteman baik dengan sang sutradara Frank Darabont yang juga pernah mengadaptasi bukunya The Woman in The Room menjadi film pendek. Katanya, Stephen sangat mengagumi hasil karya Frank tersebut.

4.   Film yang paling banyak di sewa di tahun 1995.

5.   Frank Darabont menulis naskah film ini dalam 8 minggu.

6.   Rob Reiner, sutradara Stand by Me dan The Bucket List suka banget sama naskah yang dibuat Frank Darabont. Sampai-sampai Rob sendiri menawarkan harga 2.5 juta US Dollar supaya dia bisa menyutradarai film itersebut. Walaupun tawaran itu pernah dipertimbangkan secara serius oleh Frank, akhirnya ditolak dan film ini pun dia sutradarai sendiri.

9.   Sutradara Rob Reiner menginginkan aktor Tom Cruise untuk berperan sebagai Andy Drufesne dan Harrison Ford sebagai Red.

7.   Judul asli Novel karya Stephen King ini adalah "Rita Hayroth and Shawshank Redemption." Tapi disingkat menjadi "The Shawshank Redemption" aja, karena takutnya film ini malah dikira film biografi Rita Haywroth.



8.   Robert Redford, Paul Newman, Harrison Ford dan Clint Eastwood pernah dipertimbangkan untuk berperan sebagai Red. Tapi Frank lebih memilih Aktor Morgan Freeman karena baginya Morgan memiliki sikap dan wibawa, selain itu MOrgan juga memiliki suara yang berat dan dalam.

9. Nomor Sel penjara Red adalah 237. Nomor ini juga sering disebutkan di film adaptasi buku Stephen King. Seperti Nomor kamar Hotel 237 di film "The Shining (1980)" dan kembalian $2.37 4 bocah di film (Stand by Me (1986)

10. Film ini mendapat 7 nominasi Oscar. Diantanya untuk Film terbaik, Pemeran utama pria terbaik (Morgan Freeman), Naskah adaptasi terbaik, Cinematography, Sound, editing dan music terbaik. Tapi tidak ada yang menang.

11. Keuntungan awal film ini adalah $18 juta bahkan belum mampu menutupi modal produksi. Walaupun ditambah $10 juta dari nominasi Oscar ternyata film ini masih dianggap box office gagal.

12. Peran Tommy William aslinya ditujukan untuk Brad Pitt.

13. Film ini dirilis di Taiwan pada tahun 1995 dengan judul 1995: Fantastic. Banyak penonton yang mengira ini adalah film action.

14. Di akhir film ada persembahan untuk Allen Green. Dia adalah crew sekaligus sahabat dekat Frank yang meninggal karena HIV AIDS sebelum film dirilis.

15. Film favorite Morgan Freeman yang dia peran kan sendiri.

Di atas adalah daftar 15 fakta menarik seputar film The Shawshank Redemtion. Film yang kita tahu sebagai film dengan rating tertinggi hingga saat ini. Menurut aku, ada banyak film yang lebih bagus dari film ini. Tapi keseluruhan, film ini pantas kok mendapat rating tinggi. Cerita yang memukau dan mudah dicerna. Bagaimana menurut kalian?


Kunjungi situs keren lainnya di www.knewtoolittle.com

29 comments:

  1. setuju,saya paling suka akting morgan freeman

    ReplyDelete
  2. merinding ane nontonnya... memukau dan mengharukan...

    ReplyDelete
  3. FILM TERBAIK... ANDA PASTI TERCENGANG DI 30 MENIT TERAKHIR...

    ReplyDelete
  4. Nilai positif dari cerita ini adalah HARAPAN. Andy membuktikan harapan itu akan ada jika berusaha...Aplikasikanlah ini dan jadikan penyemangat masa depan

    ReplyDelete
  5. Film ini membuat saya selalu termotivasi akan adanya harapan yang selalu ada jika kita yakin dan berusaha. Sangat sangat menggetarkan jiwa.

    ReplyDelete
  6. baru tau kalau ada film keren seperti ini , filmnya kerennnnnn

    ReplyDelete
  7. 18 april 2017..adalah saat pertama aku lihat film ini..luar biasa banget....nyesel kalian jika gak nonton

    ReplyDelete
  8. Super keren
    Ternyata di buat tahun 1994..
    Dan tentunya Inspiratif

    "Harapan akan selalu ada, bagi mereka yg mau berusaha"
    "Harapan itu baik,Harapan itu tidak akan pernah Mati"...


    ReplyDelete
  9. mau tanya, ini film kisah nyata atau bukan?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan .. hanya di dedikasikn buat sahabat sutradara nya.

      Delete
    2. Bukan .. hanya di dedikasikn buat sahabat sutradara nya.

      Delete
  10. Never lose your hope .. no matter how hard you have to keep it. It's the most inspiring movie that has been ever produced.

    ReplyDelete
  11. Film terbaik yang pernah gue tonton, 30 menit terakhir bikin melongo, nggak kepikiran sama sekali ending nya . Best twist ending ever

    ReplyDelete
  12. Film terbaik yang pernah gue tonton, 30 menit terakhir bikin melongo, nggak kepikiran sama sekali ending nya . Best twist ending ever

    ReplyDelete
  13. Kantop film! Zihuatanejo ..

    ReplyDelete
  14. Bila kamu merasa nyaman, aman, dan damai pada suatu tempat. Maka sesungguhnya itulah tempatmu tuk pulang.
    (pelajaran yang dapat saya ambil dari tokoh brooks di film ini)

    "ada kalanya satu burung harus tetap berkelana terbang, bulu-bulunya terlalu indah untuk di sangkarkan"
    (satu lg quote dari tokoh Red yang punya makna dalam bagi saya) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Quote yg d bilang brook itu pas yg mana ya gan? Ane lupa,bagus quotenya

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Film ini merupakan salah satu film terbaik yang pernah saya tonton sampai saat ini. Karya Luar biasa.

    ReplyDelete
  17. The Best inspiring movie i've ever seen

    ReplyDelete
  18. gilaaaa, di tahun 1994 aja udah bisa bikin FILM sekeren ini. Meaningful banget

    ReplyDelete
  19. Dari 2015 udah sempat download 2 kali karena durasi yang panjang dan waktu itu nonton nya di percepat jadi ane kirain ni pilm mana crime nya.kok gak ada ,hahahaha.
    ,baru hari ini 9 September sempat nonton streaming pula bro...

    Bener bener menginspirasi ..
    Khusus ane yang yang lagi jalani rutinitas dan persoalan sangat menginspirasi untuk gak nyerah dan tentu nya lebih bersikap bijak dengan pilihan tujuan akhir .
    9,5..

    ReplyDelete
  20. Poin terbaij dari film ini adalah, penjara tidak merubah karakter dari Andy. Dia tetap menjadi orang yang punya integritas, tenang, cerdas dan penuh harapan. Dan poin tambahan, jalan cerita film ini sangat tidak bisa ditebak.

    ReplyDelete
  21. So luck to come across your excellent blog. Your blog brings me a great deal of fun.. Good luck with the site.
    dreamfilm ink

    ReplyDelete
  22. film terbaik.. penuh makna.. alurnya gak bs tertebak.. sangat cerdas.. seandainya ini kisah nyata.. pasti jd juara piala Oscar... terbaik dan ciamik

    ReplyDelete
  23. Ugi Sjg.. Purwokerto sabtu 3 november 2018...

    ReplyDelete
  24. "Sibuk menikmati hidup atau Sibuk dalam kesengsaraan."

    Gila mantap banget filmnya.

    ReplyDelete